Pernahkah anda mendengar menu makanan bernama Orem-orem? Orem-orem adalah masakan kuliner Jawa dari Kota Malang yang berbahan dasar irisan tempe goreng, ayam, dan dimasak bersama kuah santan kental.

Penyajiannya adalah dengan ketupat iris yang diberi tauge, tempe dan disiram kuah sayur kuah santan. Rasa kuah orem-orem mirip seperti sayur lodeh dengan rasa sedikit pedas, dan bisa ditambah kecap manis dan sambal sesuai selera.

Orem-orem dahulu biasa hanya disajikan dalam acara hajatan seperti pernikahan dan syukuran di masyarakat Kota Malang. Namun sejak 1980-an, masakan orem-orem juga dapat dibeli di warung tradisional, bahkan pedagang kaki lima. Malang telah dikenal sebagai kota yang memiliki makanan khas tempe, yaitu “Tempe khas Malang” ataupun “kripik tempe”. Dari bahan dasar inilah orem-orem juga menjadi populer.

orem3
Orem-orem Khas Malang

Yang membuat orem-orem unik adalah cara masaknya yang menggunakan bahan bakar arang, karena bara api arang yang tak mengubah aroma bumbu dasarnya. Orem-orem hanya dapat ditemukan di Malang, karena bahan dasarnya menggunakan tempe khas Malang, dan menggunakan bumbu-bumbu lokal Malang. Nah buat anda yang ingin mengolah dan menyajikan Orem-orem ini di Meja Makan Keluarga anda, jangan khawatir, karena Orem-orem sangat mudah untuk dibuat.

Bahan-bahan yang perlu anda siapkan adalah tempe yang dipotong dadu, tahu yang dipotong dadu sesuai selera, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan dimemarkan, santan kelapa, air, garam, merica bubuk, gula pasir, bunga bawang, lontong, dan bawang goreng sebagai taburan.

Selain itu, bahan-bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat bumbu halus orem adalah bawang merah, bawang putih, kunyit yang dibakar, kemiri yang disangrai, dan ketumbar bubuk.

Orem-orem Khas Malang

Cara membuat sayur orem-orem ini cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Pertama, panaskan minyak tumis bumbu halus, aduk sebentar kemudian masukkan laos, daun jeruk purut, dan daum salam. Silahkan untuk diaduk lagi hingga harum. Kemudian tambahkan air kaldu dan masukkan gula merah dan garam. Setelah mendidih, kemudian masukkan irisan tempe, aduk sampai tercampur rata.

Jika sudah tercampur dengan rata, silahkan menambahkan santan yang sudah dipersiapkan. Tunggu sampai benar-benar mendidih. Jika sudah mendidih, artinya orem-orem sudah matang dan siap untuk disajikan. Angkat sayur orem-orem. Cara menyajikannya, masukkan potongan lontong ke dalam mangkok, tambahkan toge/kecambah, telur rebus dan taburan bawang goreng diatasnya. Setelah itu siram dengan kuah orem-ore tempe tahu ini. Wah, rasanya pasti sedap sekali. Selamat mencoba!