Berapa Modal Membuat Coffee Shop? Yuk simak disini
Illustrasi Coffee Shop | Image Source : pexels.com

Modal Membuat Coffee Shop –  Kopi merupakan salah satu minuman yang telah dikenal sejak jaman dahulu. Minuman satu ini selalu menemani masyarakat Indonesia dimana pun dan kapan pun. Ada yang kurang rasanya jika belum nyeruput minuman legend satu ini. Bahkan kini, minum kopi menjadi life style dikalangan anak muda di Indonesia, sehingga kini kopi minuman yang digemari oleh semua kalangan.

Semakin banyaknya peminat kopi dikalangan anak muda menjadi satu peluang bagi para pegiat bisni makanan dan minuman. Banyak ypebisnis yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berbisnis minuman kopi, maka tak jarang kita lihat coffee shop banyak tumbuh hingga kepinggiran kota di seluruh Indonesia. Bisnis ini tentunya sangat menguntungkan pada saat ini, maka banyak pebisnis muda memilih untuk membuka usaha coffee shop.

Mungkin kamu ingin memulai bisnis coffee shop? Jika kamu ingin membuka coffee shop, kamu harus mempersiapkan modalnya. Banyak yang bertanya-tanya tentang modal awal membuka coffee shop. Sebenarnya, modal disesuaikan dengan konsep yang kamu inginkan, jika kamu ingin memulai dengan yang sederhana, mungkin tidak banyak modal yang dihabiskan, bahkan tidak mencapai 20 juta rupiah. Berikut kami berikan rincian modal usaha coffee shop di bawah 20 juta.

Rincian Modal Usaha Coffee Shop

  1. Perlatan kopi, terdiri dari V60, Syphon, French Press, Mesin Esspresso, Grinder, Scale, Milk Steamer, Milk Jug. Peralatan tersebut diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 7.220.000.
  2. Kulkas kecil, glassware, silverware dan blender. Peralatan tersebut diperkirakan menghabiskan sekitar Rp 2.050.000.
  3. Bahan-bahan, seperti kopi dan susu. Bahan tersebut diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 1.200.000.
  4. Peralatan interior, seperti 4 set kursi dan menja, aksesoris tempat, peralatan kebersihan, CCTV. Peralatan ini diperkirakan menghabiskan biaya sekitar Rp 2.600.000.
  5. Alat untuk bagian pembayaran, seperti mesin kasir dam cash drawer. Peralatan ini diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 3.400.000.
  6. Biaya lain-lain, seperti listrik 13VA, perizinan usaha, dan yang lain-lain, diperkirakan menghabiskan biaya sekitar Rp 2.200.000.

Jadi, modal yang diperlukan untuk membuka coffee shop yang sederhana sekitar Rp 18.700.000. Rincian modal di atas belum termasuk biaya sewa tempat usaha. Harga sewa tempat usaha berbeda-beda, tergantung lokasi dari bangunan tersebut. Semakin strategis tempat tersebut, maka semakin tinggi harga sewanya. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyisihkan modal untuk biaya sewa tempat usaha.

Tips Sukses Bisnis Coffee Shop

Berapa Modal Membuat Coffee Shop? Yuk simak disini
Illustrasi Coffee Shop | Image Source : pexels.com

Jika kamu inginmenjalankan bisnis Coffee Shop, kamu harus mengetahui beberapa kiat sukses menjalankan bisnis ini. Seperti yang kita ketahui, bahwa kini sangat banyak pelaku bisnis ini dan coffee shop telah menjamur di Indonesia. Agar kamu dapat suskses dalam bisnis ini, berikut kami telah rangkum beberapa tips suskes bisnis coffee shop di masa kini.

  1. Tentukan target kosumen, ini tentunya hal pertama yang perlu kamu pikirkan.

2.Tentukanlah lokasi bisnis, pastika tempat berjualan kamu di tempat yang strategis dan menjangkau target kosumen yang telah kamu atur.

  1. Hitunglah modal yang dibutuhkan oleh bisnis yang kamu buka.
  2. Pastikan modal sesuai dengan konsep yang kamu inginkan.
  3. Buat konsep coffee shop yang menarik, nyaman dan aman.
  4. Cari pemasok bahan-bahan yang berkualitas, seperti kopi, susu dan yang lainnya. Kualitas baik akan menciptakan rasa kopi yang nikmat.
  5. Pilih SDM yang berkompeten di bidang ini, agar dapat memberikan rasa kopi yang nikmat dengan bahan yang berkualitas. Dengan ini konsumen akan merasa senang dan akan terus datang.
  6. Komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen,
  7. Lalkukan promosi, baik dengan digital maupun konvensional. Lakukan digital marketing dengan semaksimal mungkin di era digital ini.

Di atas telah kami berikan modal membuat coffee shop dan tips sukses menjalankan bisnis. Jika kamu membuka bisnis baru, jangan asal-asalan ya. Pastikan kamu membuat rincian modal, terget pasar, produk, lokasi dan yang lainnya dengan tepat. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu. Simak berbagai informasi menarik lainnya seputar kuliner di Indonesia hanya di Kooliner blog.