Sajian Sate Kakul (https://www.goodindonesianfood.com)

Nikmatnya Sate Kakul Khas Pulau Bali – Sate kakul atau sate siput memang bukan pendatang baru di dunia kuliner Indonesia, termasuk di Bali. Deretan beberapa siput dalam satu tusukan bilah bambu ini cukup identik dengan masakan desa atau masakan kampung.

Sate kakul adalah makanan sehat yang berasal dari daerah Bali dan memiliki rasa yang sangat nikmat. Mungkin anda masih belum mengetahui jenis sate yang satu ini karena baru mendengar namanya saja masih terasa asing ditelinga.

"Sajian

Namun ternyata makanan ini adalah sebuah makanan yang lezat dilidah dan terbuat dari kerang darah yang dimasak dengan cara dibakar seperti sate dan dibumbui dengan bumbu yang sederhana sehingga makanan ini dinamakan sate kakul. Kuliner ini memiliki ciri khas rasa yang begitu pedas memang dan dapat disantap atau dipadukan dengan nasi putih.

Kuliner ini juga ada yang terasa manis, adonan manis disini berasal dari adonan kecap dan gula merah dengan taburan bawang merah. Sedangkan untuk memperoleh rasa yang gurih pada sate, biasanya dioleskan ramuan kecap manis, kemiri, serai, tomat, dan saos tiram, sebelum membakar sate.

"<yoastmark

Meracik makanan ini tidak terlalu sulit. Tahap pertama, seluruh siput dibersihkan dengan air bersih, lalu ditusuk. Setelah dalam bentuk tusukan, semuanya disimpan dalam freezer, agar bisa diambil dan dibakar sewaktu-waktu saat datang pemesan. Beda dengan meracik babi guling yang tahapannya agak rumit.

Selain memiliki citarasa yang enak dan gurih, kakul atau keong sawah ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. diantaranya dapat menurunkan tensi darah bagi yang memiliki hypertensi. lalu kandungan protein dari kakul yang cukup tinggi dan bebas kolesterol sehingga siput bali dapat disantap oleh siapapun. bahkan bagi yang mempunyai tekanan darah rendah juga dapat diperbolehkan mengkonsumsi kuliner ini dengan batas tertentu.

Resep Sate Kakul

Kelezatan sate kakul ini akan membuat anda ketagihan untuk selalu menikmatinya. Silahkan anda nikmati sate yang satu ini dengan keluarga dan kerabat terdekat. Sate kakul juga dapat dibuat dengan cara sederhana dan dapat dilakukan oleh tangan anda sendiri sehingga nda tidak pusing untuk mencarinya ke restoran atau keluar rumah. Untuk bahan dan bumbu yang diperlukan atau dibutuhkan, silahkan anda simak resepnya dibawah ini.

Bahan :

Kakul Yang Telah Dibersihkan (https://scontent.cdninstagram.com)
Kakul Yang Telah Dibersihkan (https://scontent.cdninstagram.com)
  • kerang darah tanpa cangkang 350 gr ( dicuci bersih )
  • air asam jawa 1 sendok makan
  • air bersih 500 ml
  • tusuk sate secukupnya
  • serai 2 batang ( dimemarkan )

Bumbu halus :

  • kemiri 3 butir
  • jahe 3 cm
  • terasi bakar 1 sendok teh
  • bawang merah 10 butir
  • garam 1/2 sendok makan
  • bawang putih 5 siung
  • kencur 2 cm
  • penyedap rasa 1 sendok teh
  • cabe rawit merah 15 buah

Cara Membuat Sate Kakul :

"Proses

  1. Kerang direbus terlebih dahulu dengan air bersama serai dan air asam jawa
  2. Tunggu sampai matang lalu diangkat dan tiriskan
  3. Tusukkan kerang dengan tusuk sate secukupnya sampai habis atau sampai selesai
  4. Celupkan kerang pada bumbu halus hingga merata lalu siap dibakar
  5. Bakar terus hingga setengah matang lalu dibaluk dan tunggu sampai matang
  6. Sate kakul enak siap disajikan

Itulah Nikmatnya Sate Kakul Khas Pulau Bali  yang banyak disukai. Selain itu, makanan ini juga dapat dipadukan dengan saus yang terbuat dari beberapa bahan yang dapat melengkapinya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.