Manfaat Beras Organik Bagi Kesehatan
Ilustrasi Beras Organik | Image Source : istockphoto.com

Manfaat Beras Organik Bagi Kesehatan – Kita haruslah menjaga kesehatan tubuh dengan mempertahankan pola hidup sehat. Kini kebutuhan akan produk-produk organik sangat diminati, sebab banyak orang yang mulai memahami manfaat kesehatan dan kandungan nutrisi. Produk-produk organik kini menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga pola hidup sehat. Salah satu produk yang kerap di konsumsi adalah beras organik.

Beras organik sangatlah bergizi, sebab mengandung banyak mineral, vitamin, dan senyawa yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Beras organik ini memiliki beberapa jenis, ada beras organik hitam, merah, putih, dan coklat. Perbedaan beras organik dengan beras konvensional adalah kandungan arseniknya, arsenik adalah metaloid alama di dalam tanah.

Apa itu Beras Organik?

Manfaat Beras Organik Bagi Kesehatan
Ilustrasi Beras Organik | Image Source : istockphoto.com

Beras organik adalah beras yang melalui proses budidaya organik, tidak menggunakan pupuk dan pestisida kimia. Proses budidaya oranik ini sangat ramah lingkungan, sebab tidak menggunakan pupuk dan pestisida kimia. Dengan proses budidaya organik ini akan menjaga kelestarian lingkungan dan kesembangan ekonsistem di dalam tanah.

Prosesnya menggunakan pupuk organik dan tidak menggunakan pupuk dan pestisida kimia. Menggunakan pupuk organik, seperti kompos, pupuk hijau maupun pupuk hayati proses organik dapat memperbaiki struktur dan kesuburan tanah. Selain itu, penggunaan pupuk organik juga dapat membangun ekosistem yang berkelanjutan. Proses organik juga dapat mengendalikan organisme pengganggu tanaman (OPT).

Manfaat Beras Organik

Tahukah kamu jika beras organik memiliki banyak mafaat bagi kesehatan? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari beras organik bagi kesehatan tubuh, antara lain :

1. Kontrol diabetes

Beras organik dapat membantu mengontrol diabetes ialah beras organik merah. Beras organik merah mengandung indeks glikemik yang rendah membantu mengurangi lonjakan insulin. Jadi kamu akan dapat melihat hasil yang lebih baik setelah mengonsumsi beras organik merah.

2. Mengontrol penyakit jantung

Manfaat beras organik selanjutnya adalah dapat membantu mengontrol penyakit jantung. Beras organik kaya akan selenium, jadi selenium adalah mineral yang diketahui dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan  jenis kanker tertentu. Studi juga menunjukan bahwa beras organik dikenal untuk mengobati rheumatoid arthritis.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selanjutnya, beras organik juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan penggunaan bahan organik, beras ini kaya akan prortein dan vitamin alami, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga membantu dalam melindungi tubuh dari kanker, disentri dan penyakit jantung.

4. Kaya antioksidan

Beras organik kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu dalam mengobati stres oksidatif. Konsumsi semangkuk nasi dari beras organik setiap hari dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Alhasil akan memperlambat proses penuaan, diabetes terkontrol dan mengontrol penyakit jantung.

5. Membantu penurunan berat badan

Selain beberapa manfaat di atas, beras organik juga dapat membantu penurunan berat badan. Sebab beras ini kaya akan serat, protein, magnesium, tiamin, kalsium dan potasium. Kandungan tersebut akan membantu meningkatkan metabolisme dan membuat kelebihan lemak. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan berlebih, kandungan selenium dan mangan dalam beras organik dapat membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Beras Organik Bagi Kesehatan
sesa.id

Di atas adalah beberapa manfaat beras organik untuk kesehatan tubuh. Harga beras organik juga bervariatif tergantung dengan jenisnya, namun harganya masih terjangkau. Bagi kamu yang ingin membeli beras organik, kamu bisa cari di website sesa.id atau bisa langsung donwload aplikasi Sesa.id di Playstore dan App Store.

Sumber :

  • https://kumparan.com/dzaky-muhandis/khasiat-dan-manfaat-beras-organik
  • https://www.merdeka.com/jatim/7-manfaat-beras-organik-bagi-kesehatan-tubuh-kaya-antioksidan-kln.html