5 Kue Khas Bali : Unik, Enak dan Menggoda

Must Try

- Advertisement -
- Advertisement -

Seperti yang kita ketahui bahwasanya Pulau Bali tidak akan pernah sepi dan sunyi dari wisatawan Lokal Maupun Mancanegara, banyaknya tempat wisata kuliner di bali ini tentu akan membuat wisatawan semakin betah untuk tinggal lebih lama di pulau Bali. Salah satu yang menjadi daya Tarik kuliner di Bali adalah Kue-kue yang lezat. Kue merupakan cemilan tradisional khas di Pulau Bali. Kue – kue di bali memiliki berbagai ragam bentuk dan unik serta rasa yang sangat enak. Sangat menggoda selera ketika anda melihatnya, maka rasa ingin menyantapnya pun tak kuasa ditahan. Kue-kue khas Bali sangat mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional seluruh Desa di Bali. Mengenai harganya, anda tidak perlu khawatir karena sangat terjangkau dan tidak merogoh kocek terlalu dalam. Kue-kue khas bali inilah yang menjadi buruan oleh banyak orang yang ada di Bali. Kali ini kita akan membahas 5 Kue Khas Bali : Unik, Enak dan Menggona.

1. Kue Cerocot

- Advertisement -

Kue Cerorot (Sumber : 4.bp.blogspot.com)
Kue Cerorot (Sumber : 4.bp.blogspot.com)

Cerocot adalah jajanan yang dibuat dari tepung beras lokal, gula kelapa dan garam, dikemas dengan janur yang dililit kemudian dikukus. Cerorot ini digunakan untuk sajian dan hidangan. Sebagai hidangan biasanya disajikan sebagai teman minum kopi atau teh. Cerorot biasanya diproduksi di Desa Tenganan, Kabupaten Karangasem juga telah diproduksi di daerah lainnya di Bali. Kudapan ini tahan disimpan selama satu hari.

2. Kue Sengait

Kue Sengait (Sumber : i.hungrygowhere.com)
Kue Sengait (Sumber : i.hungrygowhere.com)

Sengait atau sengaita atau cakar ayam adalah jajan yang terbuat dari ubi jalar dan banyak dijual dipasar-pasar tradisional seluruh Desa di Bali dengan harga relatif murah. Bentuknya sederhana, yaitu merupakan lempengan bundar diameter 5 cm. Terasa sangat manis karena campurannya hanya gula merah dan bagi masyarakat bali. Kue ini merupakan camilan tradisional khas Bali yang disantap sebagai sarapan di Pagi hari.

3. Kue Bendu

Kue Bendu (Sumber : httpscontent.cdninstagram.com)
Kue Bendu (Sumber : scontent.cdninstagram.com)

Jajan Bendu merupakan Jenis Jajan yang biasa digunakan untuk upacara perkawinan. Kue jenis ini sudah tersebar di seluruh Bali. Selain dibuat sebagai sajian keperluan upacara keagamaan juga untuk dijual. Kue ini tidak tahan lama, paling lama tahan satu hari saja. Kue ini biasanya dikonsumsi sebagai teman minum kopi ataupun minum teh.

4. Kue Iwel

"<yoastmark

Makanan Kue Iwel adalah jajan tradisional Bali dibuat dari campuran tepung ketan dengan tepung ketan hitam dan mempunyai aroma yang khas dan warnanya hitam berminyak. Bentuk kue iwel sangat beraneka ragam ada yang berbentuk bulat panjang ada yang persegi empat panjang ada dicetak dengan cetakan khusus dan ada pula yang dibungkus dengan daun. Kue iwel ini biasanya dinikmati bersama keluarga disaat kumpul-kumpul bersama.

5. Kue Bantal

Jajan Bantal (Sumber : 1.bp.blogspot.com)
Jajan Bantal (Sumber : 1.bp.blogspot.com)

Kue Bantal telah dikenal di seluruh Bali. Bahan utama dari kue bantal ini adalah ketan yang ditambahkan dengan kacang-kangan dan atau buah-buahan . Dibungkus dengan janur dan diikat sebagai sajian pada upacara keagamaan tertentu seperti piodalan di tempat-tempat suci dan Pura.

Demikian ulasan mengenai 5 Kue Khas Bali : Unik, Enak dan Menggoda. Wajib kamu coba untuk mengenal kue-kue yang menjadi daya tarik kuliner khas Bali. Semoga bermanfaat. Dan buat kamu yang mau tau info seputar kuliner Bali lainnya yuk buka infokulinerbali.com

Latest Recipes

More Recipes Like This