Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat
Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat| Image Source : Shutterstock.com

Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat ā€“ Tak jarang beberapa orang kerap merasakan kebingungan saat makan siang. Kamu pernah merasakan hal yang sama ketika makan siang? Jika sama, yuk simak daftar menu makan siang yang sehat dan hemat disini.

Jangan sampai kamu melewatkan makan siang hanya karena bingung memilih makanan. Bagi kalian yang sudah bekerja dan membawa bekal dari rumah tentunya sudah tidak bingung lagi memikirkan makan siang. Selain tidak bingung, membawa bekal dari rumah nyatanya dapat menghemat pengeluaran kamu loh.

Meski begitu, banyak yang jarang membawa bekal dari rumah loh. Terlebih mereka yang tidak mempunyai waktu banyak untuk masak di pagi hari. Tentu mereka akan membeli makan untuk dimakan pada siang harinya.

Biasanya, mereka kerap kebingungan untuk memilih makanan apa yang akan disantap pada siang harinya. Untuk kamu yang kerap kebingungan, tenang dan jangan bingung lagi. Disini kami akan berikan daftar makan siang yang sehat dan hemat yang bisa kamu masak di rumah tanpa memakan waktu yang lama.

Menu Makan Siang Sehat dan Hemat

1. Salad Ayam

Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat
Ilustrasi Salad Ayam | Image Source : Shutterstock.com

Salah satu makanan yang bisa kamu jadikan makan siang yang sederhana dan gampang dibuatnya. Membuatnya juga tidak membutuhkan waktu yang lama, cocok untuk kamu yang tidak memiliki waktu banyak untuk masak di pagi hari.

Bahan-bahan yang digunakan juga cukup mudah untuk kamu dapatkan di pasar. Bahan-bahanya berupa dada ayam, brokoli yang telah direbus dan telur rebus yang dilengkapi dengan mayones. Bisa juga kamu tambahkan bahan lainnya seperti selada, wortel, tomat dan yang lainnya.

2. Mashed Potatoes

Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat
Ilustrasi Mashed potatoes | Image Source : Shutterstock.com

Selanjutnya ada Mashed Potato, makanan satu ini bisa jadi santapan untuk masakan siang. Cara membuatnya sangat gampang dan tidak memerlukan waktu yang lama. Bahan utamanya adalah kentang yang nantinya kamu rebus. Setelah ketang direbus, lalu dihaluskan.

Untuk tambahannya, kamu bisa menambahkan susu dan keju agar rasanya gurih. Tentunya menu makan siang ini sangat sehat. Maka dari itu, perlu kamu coba, bahan-bahanya sangat sederhana, jadi buatnya gampang.

3. Perkedel Tahu

Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat
Ilustrasi Menu Perkedel Tahu | Image Source : Shutterstock.com

Pernah mendengar makanan satu ini? salah satu makanan yang sederhana dan tentunya sehat loh. Cara membuatnyapun gampang dan tidak perlu waktu yang lama saat memasaknya. Bahannya juga kamu bisa dapatkan dengan gampang loh, jadi kamu tidak perlu bingung lagi.

Perkedel tahu ini berbahan dasar tahu dan daging. Cara buatnya, kamu perlu menggiling daging dan tahu. Setelah itu, balurkan dengan tepung panir dan tepung roti agar tidak mudah hancur. Goreng hingga kecoklatan. Makanan pun jadi dalam waktu yang singkat.

4. Tumis Kangkung

Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat
Ilustrasi Menu Tumis Kankung | Image Source : Shutterstock.com

Tumis kangkung tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga. Sayur satu ini tentunya memiliki manfaat dapat menurunkan kolesterol, mengatasi anemi, serta mencegah diabetes. Makanan ini sehat untuk dikonsumsi loh.

Membuat makanan satu ini juga tidak susah, kamu hanya perlu menumis kangkung, lalu tambahkan bawang putih, minyak zaitun dan saus tiram agar rasanya semakin nikmat.

5. Tumis Buncis Wortel

Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat
Ilustrasi Tumis Buncis | Image Source : Shutterstock.com

Ingin menu makan siang yang rendah kalori? Tumis buncis wortel jawabannya. Bahan-bahannya mudah kamu dapatkan di pasar dan cara membuatnya juga gampang. Tidak perlu memerlukan banyak bahan, apalagi waktu untuk memasak makanan satu ini. Bisa kamu coba nih buat makan siangmu di kantor.

6. Tempura Udang

Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat
Ilustrasi Menu Tempura Udang | Image Source : Shutterstock.com

Tempura udang merupakan salah satu makanan yang bisa kamu masak untuk makan siang. Pembuatannya sangat mudah dan waktu membuatnya juga tidak lama, kamu hanya memerlukan 15-20 menit saja untuk memasaknya.

Makanan lezat ini bisa kamu hidangkan dengan saus sebagai tambahannya. Perlu kamu ketahui bahwa makanan satu ini sangat sehat, udang memiliki kandungan omega3 yang tinggi untuk tubuh.

7. Ayam Kukus

Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat
Ilustrasi Menu Ayam Kukus | Image Source : Shutterstock.com

Yang sederhana selalu menjadi pilihan ketika kamu tidak punya banyak waktu untuk memasak. Makanan sederhana satu ini mungkin sudah tidak asing lagi dan mungkin banyak disukai oleh semua kalangan.

Bagi kamu yang makan siang sehat untuk diet, kamu bisa buat ayam kukus dengan tambahan air lemon. Selain rasanya yang enak, makanan satu ini juga sangat sehat karena rendah kalori. Cara membutanya juga cukup mudah, kamu bisa mencobanya di rumah.

8. Ayam Teriyaki Dengan Tambahan Sayuran Rebus

Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat
Ilustrasi Menu Ayam Teriyaki Sayur Rebus | Image Source : Shutterstock.com

Ayam teriyaki ini merupakan makanan khas Jepang. Cara membuatnya juga gampang, terlebih saat ini sudah ada banyak yang menjual saus teriyaki yang tentunya kamu tidak perlu susah lagi untuk membuatnya.

Cara membuatnya sangat mudah, cukup tambahkan beberapa sayuran rebus, seperti brokoli atau yang lainnya. Masak ayamnya lalu tambahkan saus teriyaki, dan aduklah hingga rata. Mudah bukan? Yuk coba makanan siang dengan menu enak satu ini.

9. Nasi Kari

Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat
Ilustrasi Menu Nasi Kari | Image Source : Shutterstock.com

Makanan satu ini juga bisa kamu masak untuk makan siang kamu di rumah. Namun, bahan-bahan yang digunakan cukup banyak. Meski begitu, cara masaknya gampang dan tidak lama. Cerikut bahan dan cara masaknya.

Bahan :

  • 1 blok kari
  • 1 butir bawang bombay (iris)
  • 2 sdm saus tomat
  • 4 buah kentang
  • 6 buah wortel (potong dadu)
  • Gula, garam dan lada secukupnnya
  • Kacang polong
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat :

  1. Tumis bawang bombay
  2. Masukan kentang, kacang polong, dan wortel
  3. Tambahkan air untuk merebus
  4. Masukan kari blok, lalu aduk merata
  5. Tambahkan gula, garam, dan lada secukupnya
  6. Masak kembali hingga semua bahan empuk

Jangan lupa coba ya, semoga berhasil!

10. Bento Chicken Teriyaki

Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat
Ilustrasi Bento Chicken Teriyaki | Image Source : Shutterstock.com

Bento chicken teriyaki juga bisa kamu jadikan menu makan siang, Bento Box ini memang kerap menjadi pilihan yang tepat untuk bekal makan siang, terlebih bagi kamu yang bekerja ataupun sekolah. Rasanya enak dan cara membuatnya tidak sulit.

Sekian Daftar Menu Makan Siang Sehat dan Hemat Yang Gampang Dibuat. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mengetahui makanan yang bisa gampang dibuat untuk makan siang. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya diĀ Kooliner Blog.