Membuat undangan pernikahan unik dan berkesan tentu menjadi tujuan bagi mereka yang ingin melangsungkan pernikahan. Pasalnya, undangan itulah yang nantinya akan dibagikan kepada keluarga maupun kerabat terdekat.

Anda tentu tidak ingin undangan tersebut terlihat biasa saja bukan? Oleh karena itu, kita harus memikirkan konsep desain undangan pernikahan simple agar terlihat menarik, namun tidak menguras banyak biaya.

Sebenarnya, ada banyak sekali contoh undangan pernikahan unik yang bisa Anda gunakan. Agar tidak penasaran, yuk intip beberapa ide pembuatan undangan pernikahan di bawah ini!

Ide Undangan Pernikahan Unik dan Berkesan

Jika kita perhatikan, kebanyakan undangan pernikahan memiliki desain yang itu-itu saja sehingga menjadi kurang spesial. Agar undangan pernikahan jadi lebih menarik, beberapa ide pembuatan undangan berikut bisa Anda ikuti:

1. Undangan Bambu Klasik

Undangan Bambu Klasik
Undangan Bambu Klasik – Sumber : Tokopedia

Ide undangan pernikahan pertama yang cukup unik adalah undangan bambu klasik. Undangan ini sangat cocok jika Anda ingin memberi sentuhan klasik atau tradisional. Anda bisa menggunakan kombinasi warna putih dan coklat untuk kertas undangannya.

Setelah itu, kertas undangan tersebut akan digulung dan dimasukkan ke dalam bambu kecil dengan penutup di ujungnya. Model undangan seperti ini masih jarang digunakan sehingga Anda bisa menirunya dan membuat orang yang menerimanya terkesan.

Baca juga : Jajanan Untuk Acara Pernikahan

2. Model Paspor

Undangan Model Paspor
Undangan Model Paspor – Sumber : Pinterest @etsy

Undangan pernikahan unik berikutnya yaitu menggunakan model paspor. Undangan model ini merupakan bentuk undangan yang unik dan menarik karena meniru desain paspor sesungguhnya. Keunikan undangan ini dapat ditemukan dalam berbagai aspek.

3. Desain Cat Air

Undangan Pernikahan Desain Cat Air
Undangan Pernikahan Desain Cat Air – Sumber : Pinterest @papypress

Desain dengan motif cat air adalah salah satu desain unik yang bisa diterapkan di banyak media, termasuk di undangan pernikahan. Desain ini menjadi undangan unik dan bermanfaat karena memiliki nilai seni yang cukup baik.

4. Berbahan Akrilik Bening

Undangan Pernikahan Akrilik
Undangan Pernikahan Akrilik – Sumber : Pinterest

Undangan pernikahan unik selanjutnya bisa juga menggunakan akrilik bening. Bahan akrilik terbilang cukup kuat dan tidak gampang rusak. Dengan begitu, undangan tersebut bisa menjadi kenang-kenangan yang mampu bertahan dalam waktu lama.

Selain itu, akrilik juga membuat tampilan desain undangan pernikahan elegan dan mewah. Bahan ini memancarkan kilauan yang indah sehingga memberikan kesan berkelas pada perayaan pernikahan Anda.

5. Minibook Bergambar

Undangan Pernikahan Minibook Bergambar
Undangan Pernikahan Minibook Bergambar – Sumber : pinterest

Satu lagi desain undangan yang memiliki tingkat keunikan tinggi, yaitu undangan dengan bentuk mini book. Selain bisa menampilkan informasi nama mempelai dan jadwal acara, undangan ini juga bisa disematkan denah menuju lokasi yang lengkap.

6. Undangan Pernikahan Desain Retro

Undangan Pernikahan Retro
Undangan Pernikahan Retro – Sumber : fiverr.com

Desain retro sering kali menciptakan suasana yang unik dan memiliki karakter klasik dalam penerapannya. Dengan warna-warna yang cukup mencolok, desain undangan ini tentu bisa memberikan kesan bagi para tamu undangan.

Untuk menyempurnakan kesan retro pada undangan, pastikan Anda menggunakan font yang sesuai dengan tema tersebut.

7. Undangan Pernikahan Model Roll Kamera

Undangan Pernikahan Model Roll Kamera
Undangan Pernikahan Model Roll Kamera – Sumber : Pinterest @anya

Apakah Anda suka dengan pernak-pernik kamera? Jika ya, maka model undangan roll kamera bisa Anda kreasikan menjadi undangan pernikahan yang unik. Nantinya, informasi undangan bisa terlihat dengan cara menarik gulungan kertas di dalamnya.

8. Kertas Vellum

Undangan Pernikahan Kertas Vellum
Undangan Pernikahan Kertas Vellum – Sumber : Instagram @elegantweddinginvites

Kertas vellum terkenal karena mempunyai tampilan yang transparan dan elegan. Hal ini bisa memberi kesan lembut dan juga memungkinkan cahaya untuk menembus kertas tersebut sehingga menciptakan efek visual yang menarik dan mewah.

Hal ini juga sering digunakan sebagai ide untuk kado pernikahan untuk teman.

Selain terlihat elegan, undangan juga terlihat berbeda dari undangan-undangan pernikahan pada umumnya. Alhasil, banyak orang yang menerima undangan jadi lebih terkesan.

9. Motif Serat Kayu

Undangan Motif Serat Kayu
Undangan Motif Serat Kayu – Sumber : Pinterest @etsy

Berikutnya, motif serat kayu juga bisa Anda jadikan sebagai desain undangan pernikahan yang unik. Nantinya, kombinasi antara font, kaligrafi, dan juga motif serat kayu akan jadi kombinasi sempurna untuk undangan tersebut.

10. Undangan Pop Up 3D

Undangan Pop Up 3D
Undangan Pop Up 3D – Sumber : wittyvows.com

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan undangan yang mengusung desain pop up 2 dimensi. Dengan model ini, undangan pernikahan Anda akan sangat berkesan dan unik karena saat dibuka tampilan 3D akan muncul menjadi bentuk tertentu.

Dengan mengusung desain undangan pernikahan unik seperti beberapa contoh di atas, tentu perayaan pernikahan Anda akan jauh lebih menarik dan berkesan. Hal ini bisa membawa antusias tinggi bagi calon tamu yang akan hadir.