Buah Pisang - Source: Google Image

Resep Roti Bolu Pisang, Camilan Lezat untuk Bekal Sekolah – Bulan Agustus adalah bulan yang cukup sibuk bagi anak-anak yang akan masuk ke sekolah. Para orang tua selain repot menyiapkan berbagai peralatan sekolah anak-anak mereka, juga akan repot menyiapkan bekal untuk dibawa ke sekolah.

Bagi anak-anak, bekal yang menarik menjadi opsi utama, misalnya tampilannya yang berwarna-warni. Selain itu, bekal yang praktis dan sehat pastinya akan menjadi pilihan. Sehingga selain anaknya bisa menikmati bekal dengan menyenangkan, juga tidak perlu khawatir karena bekal yang dimakan adalah bekal yang sehat.

Jika bunda masih kebingungan mencari ide bekal untuk anak kalian besok, kalian bisa mencoba resep Roti Bolu Pisang yang sangat terkenal ini. Roti atau Kue bolu sangatlah tepat untuk dijadikan bekal, karena bentuknya yang praktis untuk disiapkan dan dibawa. Selain itu, pastinya kandungan dalam buah pisang juga bermanfaat bagi tubuh.

Bahan Pembuatan Roti atau Kue Bolu Pisang

Tidak perlu khawatir, karena membuat Kue Bolu Pisang tidaklah sulit, berikut ini adalah beberapa bahan yang perlu kalian siapkan:

  • 500 gram tepung terigu 
  • 2 butir telur
  • 40 gram margarin
  • 2,5 sendok teh ragi instan
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 150 gram gula halus
  • 250 ml susu hangat
  • 1 bungkus vanili bubuk
Baking – Source: Hai Bunda

Langkah Pembuatan Roti atau Kue Bolu Pisang

Jika bahan-bahan diatas sudah disiapkan, kalian tinggal perlu mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  • Campurkan susu, ragi, dan gula pasir menggunakan air hangat sampai merata, dan diamkan selama kurang lebih 8 menit. Komposisi gula pasir kira-kira 1 sendok makan, dan kemudian susu bisa menyesuaikan banyaknya pisang dan tepung yang akan diolah
  • Di sisi lain, campurkan tepung terigu dengan gula halus, bubuk vanili, dan telur hingga merata.
  • Jika campuran sudah merata, tuangkan larutan ragi ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Uleni pelan-pelan hingga adonan kalis.
  • Campurkan sedikit tepung dan margarin, dan kemudian aduk merata hingga adonan tidak terrasa lengket.
  • Jika adonan sudah kalis, merata, dan tidak lengket lagi, maka adonan sudah siap. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai selera. Menurut takaran diatas, kalian bisa membaginya menjadi 16 bagian.
  • Pipihkan masing-masing adonan menggunakan rolling spin, dan beri isian cokelat dan pisang batang. Gulung masing-masing hingga tertutup rata
  • Siapkan loyang dengan olesan margarin dan taburan tepung terigu agar adonan roti yang diletakkan dalam loyang tidak lengket. Jika sudah siap, tata adonan roti diatas loyang dan diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan, dan kemudian biarkan adonan menjadi masak dengan suhu api kecil
  • Setelah dipanggang kurang lebih 30 menit, angkat loyang dari dalam oven, dan kemudian olesi setiap kue dengan margarin selagi panas
Roti Pisang – Source: CNN Indonesia

Itulah tadi langkah atau tahapan untuk membuat roti atau kue bolu isi pisang yang sangat sederhana. Kalian bisa memodifikasinya dengan campuran selain cokelat, yang pastinya akan lebih menyempurnakan rasa buah pisang yang terbalut adonan.

Untuk anak-anak sekolah, kue bolu sangatlah praktis untuk dibawa ke sekolah sebagai bekal.

Manfaat Buah Pisang

Pisang sendiri adalah buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, tetapi saat ini sudah menyebar ke berbagai belahan dunia. Kita juga pasti sudah familiar dengan berbagai macam jenis pisang, banyak sekali jenis yang bisa kita temu di pasaran.

Pisang pertama kali ditemukan di Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Papua Nugini. Tetapi sejak zaman perdagangan dulu, pohon dan buah pisang dibawa oleh para pendatang untuk disemaikan di berbagai negara lainnya. Alhasil, kita bisa menemui pohon dan buah pisang di berbagai negara selain Asia Tenggara.

Pisang tergolong buah yang harganya cukup terjangkau. Tetapi walaupun demikian, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat bagi tubuh ketika mengonsumsi buah ini. Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi buah pisang bagi kesehatan tubuh kita:

Pisang sebagai Sumber Energi

Buah ini dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik, dengan memiliki kandungan 27 gram karbohidrat setiap buahnya. Dalam tubuh kita, karbohidrat akan dipecah menjadi beberapa kandungan yang bermanfaat. Sebagian karbohidrat akan menjadi glukosa yang berfungsi sebagai bahan bakar tubuh, dan sebagian lain akan menjadi glikogen yang menjadi energi dari dalam otot dan hati.

Pisang Sumber Energi – Source: Grid ID
Pisang menjaga kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Buah ini memiliki kandungan kalium yang tinggi, yang dapat membantu fungsi darah dalam mengangkut oksigen ke otak. Selain itu, kalium ini yang juga menjaga kestabilan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko stroke.

Pisang mencegah kerusakan Sel dan Jaringan Tubuh

Kandungan senyawa antioksidan dalam buah pisang dapat membantu tubuh mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang mudah terpapar radikal bebas. Salah satu penyakit yang dapat dihindari adalah kanker.

Pisang mengurangi Risiko Penyakit Ginjal

Kandungan kalium dalam pisang juga membantu mencegah penyakit batu ginjal.

Pisang untuk Kesehatan – Source: Klik Dokter
Pisang menjaga kesehatan Saluran Pencernaan

Bagi usus dan saluran pencernaan dalam tubuh manusia, kandungan prebiotik dalam pisang sangat berperan penting. Zat prebiotik ini dapat mengatasi diare karena virus, bakteri, ataupun parasit yang tidak sehat. Pisang juga memiliki kandungan serat yang dapat mencegah kanker usus besar dan sembelit.

Pisang mengurangi rasa Mual saat Hamil

Buah ini mengandung Vitamin B6, yang salah satu fungsinya adalah mengurangi rasa mual. Oleh sebab itu, banyak ibu hamil yang dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang ini.

Pisang membantu untuk Menurunkan Berat Badan

Dikarenakan memiliki kandungan serat yang tinggi, pisang dikenal juga mampu memberikan efek rasa kenyang yang lama. Jadi kalau kalian ingin menurunkan berat badan, coba konsumsi pisang karena kalian tidak akan merasa cepat lapar dan ingin makan lagi.

Pisang membantu meredakan Asam Lambung

Mengonsumsi pisang dapat memicu produksi lendir dalam lambung. Selain itu, pisang dapat berperan sebagai antasida alami yang fungsinya adalah untuk meredakan asam lambung. Bagi kalian yang sering mengalami nyeri karena asam lambung, kalian wajib rutin memakan buah pisang agar nyeri yang dirasakan tidak berkepanjangan.

Buah Pisang – Source: Google Image

Bagi sebagian besar orang, membuat kue bukanlah sesuatu yang sulit. Tetapi tidak sedikit juga yang kurang pede ataupun merasa tidak bisa membuat kue. Hal ini tentunya menjadi tantangan sendiri bagi orang tua yang ingin menyediakan kue untuk bekal anaknya ke sekolah.

Walaupun saat ini belum bisa, pastinya hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dipelajari. Bahkan di sekitar kita banyak sekali tempat kursus pembuatan kue yang bisa membimbing kalian sampai bisa. Selain itu, ada banyak sekali referensi di media sosial yang bisa kalian contoh. Jika ingin mencontoh dengan detail, kalian bisa mencari juga video tutorial yang bisa diakses dimanapun melalui internet.

Tetapi selebihnya, membuat kue seperti ini perlu pengalaman terjun langsung. Jadi jangan ragu untuk berlatih membuat kue bolu pisang untuk bekal si buah hati ya!