Rujak Kuah Pindang – Buah-buahan menjadi satu sumber makanan yang paling disukai oleh banyak orang. Disamping jenisnya yang bermacam-macam, ternyata buah-buahan juga mengandung banyak zat yang akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Siapa yang tidak suka dengan buah-buahan. Mulai dari bayi, anak-anak, sampai yang sudah lanjut usia pasti menyukainya.

Buah yang baru dipetik dari pohonnya pasti akan lebih segar dan lebih nikmat jika langsung dikonsumsi, apapun buahnya. Apalagi sekarang sudah banyak sekali jenis olahan buah mulai dari yang praktis sampai yang rumit. Mungkin anda sudah familiar dengan jus buah, keripik buah, manisan, asinan, sampai salad buah yang sangat terkenal di seluruh penjuru negeri.

Rujak Kuah Pindang
Rujak Kuah Pindang

Di beberapa daerah anda mungkin mengenal dengan yang namanya Rujak. Kombinasi potongan buah dengan bumbu yang pedas sangat menggugah kesegaran. Rujak ada bermacam-macam jenisnya, mulai dari yang khas kedaerahan, sampai dengan khas rasa yang berasal dari rempah yang digunakan. Salah satu yang menggoda adalah Rujak Khas Pulau Dewata Bali. Nama rujak itu adalah Rujak Kuah Pindang.

Keunikannya, rujak ini menggabungkan kesegaran buah-buahan dengan kuah yang diambil dari air rebusan kepala ikan. Oleh sebab itu, cita rasa yang dihasilkan menyertakan wanginya buah dengan bau agak amis khas ikan. Jenis ikan yang biasanya dipakai adalah ikan tongkol berukuran agak besar. Bagi yang baru pertama kali mendengarnya, pasti akan merasa sangat aneh jika buah-buahan dikombinasikan dengan kuah ikan. Bagaimana rasanya ya? Sekalipun tampaknya aneh, rasanya tetap menggelitik lidah dan sangat enak.

Rujak Kuah Pindang
Rujak Kuah Pindang

Sama seperti rujak yang lain, buah-buahan yang dipakai biasanya adalah mangga muda, pepaya muda, jeruk bali, mentimun, hingga kedondong. Rasa masam buah-buahan ini menambah rasa kuah menjadi segar. Biasanya buah dipotong tipis sehingga memudahkan saat dikonsumsi. Penambahan cabai dan garam membuat rasanya menjadi gurih pedas. Cara membuatnya melalui dua tahapan, yaitu membuat kuah pindang dan rujaknya.

Nah, apa saja ya yang perlu disiapkan? Jika anda penasaran ingin membuat kuliner ini, anda tidak perlu khawatir, karena proses pembuatannya sangat simpel dan hampir semua orang bisa membuatnya. Anda perlu memperhatikan bahan-bahan pembuatnya, mulai dari ikan tongkol segar, garam, daun salam, serai, terasi udang, gula pasir, gula jawa, cabai, dan petis.

Kemudian, hal utama yang perlu dibuat adalah Kaldu Pindang. Pertama, bersihkan ikan, buang jeroannya, lalu lumuri dengan garam secukupnya. Selanjutnya panaskan air, lalu masukkan ikan, daun salam, dan serai. Rebus 15-30 menit hingga ikan matang dan kuah kaldu cukup keruh. Cicipi untuk merasakan tingkat keasinan. Silakan tambahkan garam jika dirasa kurang. Dan yang terakhir adalah angkat kuah tersebut, diamkan sejenak, lalu saring air kaldu ikan.

Rujak Kuah Pindang
Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang sudah hampir selesai dibuat. Bersihkan buah-buahan rujak favorit anda seperti : mangga muda, pepaya muda, jeruk bali, mentimun, hingga kedondong dll, potong dan iris tipis. Panggang terasi sebentar, lalu ulek dalam ulekan atau cobek yang sudah dibersihkan. Tambahkan gula, garam, cabai, dan petis secukupnya ke dalam cobek lalu ulek kembali. Tambahkan kuah pindang ke dalam cobek, lalu aduk rata. Masukkan buah-buahan yang sudah dipotong tipis, lalu aduk rata. Akhirnya, rujak kuah pindang sudah selesai dibuat. Yummy!

Nah buat anda yang ingin sekali membuat rujak kuah pindang, anda sudah tidak perlu bingung karena cara membuatnya sangatlah simple. Anda juga bisa menyesuaikan ketersediaan buah-buahan yang tentunya juga disesuaikan dengan selera. Selamat mencoba!