Ketika anda berjalan-jalan di  beberapa daerah di Indonesia, anda akan menemukan banyak sekali keunikan. Keunikan tersebut mulai dari keunikan berupa adat dan budaya, kebiasaan masyarakat, sampai dengan kuliner. Terkadang, banyak orang yang merasa tertantang untuk mencicipi berbagai macam kuliner tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Salah satunya, jika anda berkunjung ke kota Manado, pasti anda akan menemukan banyak sekali jenis kuliner tradisional aneh dan menggelitik. Namanya yang begitu asing dari telinga kita juga pasti akan membuat anda penasaran. Nah, dalam artikel ini, akan diulas salah satu kuliner Manado yang khas dan juga patut untuk anda rasakan, namanya Ayam Woku.

Nikmatnya Ayam Woku Belanga Khas Manado
Nikmatnya Ayam Woku Belanga Khas Manado

Bagi anda yang tinggal di Manado, pasti anda sudah tidak asing lagi mendengar nama menu tersebut. Menu yang sudah tidak asing dengan kelezatan ayam tersebut memiliki rasa yang gurih, berkat dari kombinasi rempah-rempah alami Indonesia. Biasanya, ayam woku dihidangkan dengan nasi hangat dan juga taburan bawang merah yang sudah digoreng diatasnya. Wah, pasti rasanya begitu sangat nikmat dan khas.

Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati pada waktu bersantap siang, atau juga untuk menu makan alam. Di restoran atau tempat makan Manado, Ayam Woku sering menjadi menu andalan yang paling diminati.

Tetapi bagi anda yang bukan berasal dari kota Manado, pasti anda cukup asing dan bingung dengan woku, dan bagaimana Ayam Woku itu dibuat hingga dihidangkan. Sebenarnya, woku adalah istilah untuk bumbu khas yang ada di daerah Manado yang terbuat dari berbagai macam campuran rempah dan biasa digunakan sebagai bumbu dalam olahan daging.

Di Manado sendiri dikenal dua jenis woku, yakni woku belang yang merupakan bumbu rempah yang dimasak dengan belanga, tetapi juga ada woku daun yang dimasak didalam balutan daun.

Nikmatnya Ayam Woku Belanga Khas Manado
Nikmatnya Ayam Woku Belanga Khas Manado

Jika anda ingin membuatnya, anda perlu mempersiapkan bahan-bahan yang sangat mudah untuk dicari. Beberapa bahan yang harus anda siapkan adalah daging ayam, air jeruk nipis, garam untuk melumuri daging ayam, serai yang sudah dimemarkan, tomat yang diiris sesuai selera, daun jeruk, daun bawang, cabai merah, daun kemangi, garam untuk bumbu, gula pasir, air mineral, dan minyak untuk menggoreng serta untuk menumis.

Sementara itu, perlu juga disiapkan bumbu halus ayam woku khas Manado, yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, kemiri, jahe, dan juga kunyit.

Jika semua bumbu dan bahan sudah disiapkan dengan lengkap, maka anda tinggal mengikuti beberapa langkah sederhana untuk memasaknya. Pertama, potong ayam menjadi 8 bagian (atau menurut selera anda), cuci daging tersebut hingga bersih, lalu lumuri dengan garam dan air jeruk nipis.

Daging tersebut silahkan didiamkan dalam waktu kurang lebih selama 10 menit. Jika sudah mencapai waktu sekitar 10 menit, goreng ayam hingga setengah matang. Selanjutnya panaskan minyak, lalu tumis semua bumbu halus. Ketika bumbu halus sudah beraroma, maka anda harus menambahkan daun jeruk, serai, irisan cabai merah dan air. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memasukkan daging-daging ayam ke dalam campuran bumbu yang mendidih.

Sementara diaduk, silahkan anda memasukkan irisan tomat, daun bawang, serta daun kemangi. Sebelum Ayam Woku disajikan, pastikan bumbu yang ada didalam kuah mendidih sudah merasuk ke dalam daging ayam yang dimasak. Jika dirasa cukup, maka anda tinggal mengangkat dan meniriskannya, sebelum dihidangkan sebagai menu santapan anda.