Nasi Campur Bali
Nasi Campur Bali

Setelah postingan tentang nasi goreng kemarin, kali ini saya mau ngajak teman-teman berwisata kuliner “Nasi Campur Bali”. Nasi ini memiliki hidangan yang unik yang khas dan tidak sama dengan nasi campur pada umumnya. Nasi campur bali biasanya memiliki beberapa lauk seperti lawar, sayur urab (jukut urab), sate lilit, sambel matah (sambel mentah khas bali), ayam sisit dll. Di setiap pojok kota di Denpasar sangat sering dijumpai warung-warung Nasi Campur Bali.

Biasanya selalu ada yang khas di setiap Warung Nasi Campur Bali. Itulah yang menyebabkan Nasi Campur Bali ini selalu menjadi sasaran para penikmat Kuliner di Bali. Misalnya di satu warung yang paling banyak dicari adalah lawar dan sambel matahnya (sambel mentah bali), dan di warung lainnya yang paling banyak diburu adalah sate lilit dan sayur urabnya (jukut urab). Dan seperti Nasi Goreng, Nasi Campur Bali juga enak untuk menjadi santapan kapan saja. Bisa sebagai sarapan, makan siang dan makan malam.

Rekomendasi Nasi Campur Bali :

  1. Nasi Bali Men Weti. Terletak di kawasan pantai Sindu/ Sanur , buka dari jam 6 pagi (sepertinya hehehe) merupakan salah satu tempat legendaris nasi campur Bali yang layak dicoba.

    Nasi Bali Men Weti | Sumber : jarangpanas.com
    Nasi Bali Men Weti | Sumber : jarangpanas.com

  2. Warung Wardani. Warung yang berlokasi di tengah kota Denpasar ini sudah berdiri cukup lama alias lawas, bahkan ketika orang tua saya masih muda warung ini sudah ada.

    Warung Wardani Denpasar | Sumber : bali.platemaps.com
    Warung Wardani Denpasar | Sumber : bali.platemaps.com

  3. Nasi Campur Warung Adi. Lokasi nya dekat dengan Men Weti, masih di kawasan Sanur. Tepatnya di Jl. Danau Buyan No.15, Sanur. Nasi campur sedikit berbeda dengan Men Weti, selain terdiri dari Ayam kampung betutu yang suir, sambal matah, jukut sayuran / urapan, suir ikan laut, sambal cabe goreng dicampur dengan minyak kelapa, telor pindang Bali juga dilengkapi dengan Seafood dan sate lilit untuk paket lengkap, yang tidak ketinggalan kulit ayam goreng. Harga antara Rp.15.000 untuk setengah porsi dan Rp. 25.000 untuk satu porsi belum termasuk minuman.

    Nasi Campur Warung Adi | Sumber : map.google.com
    Nasi Campur Warung Adi | Sumber : map.google.com

  4. Nasi Men Lotri. Banyak digandrungi oleh remaja jaman now Bali khususnya Denpasar. Lokasi nya ada di daerah Kesiman, Denpasar Timur. Tempatnya tidak berupa warung pada umumnya, melainkan Rumah yang dijadikan Tempat Makan. Yang khas disini adalah sambel nya yang nampol pedasnya, Empal (seperti rendang dengan bumbu Bali, namun potongannya lebih tipis dan daging dipakai adalah daging Babi), dan be mi (seperti gorengan lumpyang dengan tambahan mi). Kisaran harga antara 15rb – 20rb. Kalau belanja disini harus sabar antre ya, karena pelanggan nya buanyak banget. Termasuk ikutan antre sama abang abang ojol. Nah sekitaran area ini juga ada Nasi Babi Guling Men Repot yang melegenda, wajib juga kamu coba ya.

    Nasi Men Lotri : Sumber : google images
    Nasi Men Lotri : Sumber : google images

  5. Nasi Campur Ibu Mangku Kedewatan. Nasi campur Ibu Mangku Kadewatan Ubud-Bali, buka dari jam 07.30 – 18.00. Nasi campur Warung ibu Mangku yaitu terdiri dari ayam betutu suir, sambal matah, jukut sayuran / urapan, sambal cabe goreng dicampur dengan minyak kelapa, telor pindang Bali juga dilengkapi dengan sate lilit. Harga antara Rp.25.000. untuk satu porsi belum termasuk makanan minuman. Selain di Ubud, di Denpasar juga buka di kawasan Renon tepatnya di jalan tukad badung. Titik Temu Coffee di Ubud juga wajib kamu coba setelah makan betutu.

    Nasi Campur Ibu Mangku Kedewatan | Sumber : ulinulin.com
    Nasi Campur Ibu Mangku Kedewatan | Sumber : ulinulin.com

Oke, warung-warung tadi adalah recomended dari saya dan beberapa teman saya. Masih banyak sekali tempat makan ini yang lain di Denpasar. Kalian tau salah satunya?

Selamat Makan Indonesia 😀