Kombinasi Pedas dan Asam di Gohu Pepaya Manado – Ternyata, ada banyak sekali kuliner Indonesia yang tidak terlalu terkenal tetapi justru sangat khas dan nikmat untuk disantap. Tidak hanya kuliner yang berat seperti mie ataupun nasi, kuliner ringan seperti es, manisan, sampai dengan asinan juga ada. Salah satu yang sangat menggelitik dan khas adalah asinan.

Tidak semua daerah di Indonesia yang mengenal asinan. Asinan yang patut anda rasakan adalah asinan khas dari kota Manado. Asinan khas manado yang dikenal dengan nama GOHU ini sangat patut anda sajikan di tengah-tengah keluarga. Gohu merupakan asinan yang terbuat dari bahan dasar pepaya mengkal yang di olah dengan racikan bumbu-bumbu khas Manado.

Dengan cita rasa segar dan pedas khas Manado membuat asinan ini berbeda dari asinan yang ada pada umumnya, dan pastinya akan lebih enak jika disajikan saat berkumpul ditengah-tengah keluarga ataupun bersama teman-teman dan sahabat terdekat.

Asinan ini bukan masakan berat yang perlu memperhatikan setiap detail resep. Santapan sederhana ini bahkan bisa anda buat sendiri di rumah tanpa harus datang langsung ke Manado, kota asalnya.

Bahan-bahan yang harus anda siapkan adalah pepaya yang mengkal, air, dan cuka. Selain itu, ada juga bumbu-bumbu perasa yang harus anda siapkan dengan cara dihaluskan, mulai dari cabai rawit merah, gula merah, garam, terasi bakar, sampai dengan jahe. Simpel bukan bahan-bahannya? Anda dapat menemukan bahan-bahan tersebut di dapur anda sendiri tanpa harus repot-repot mencarinya.

Kombinasi Pedas dan Asam di Gohu Pepaya
Kombinasi Pedas dan Asam di Gohu Pepaya

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Tentunya hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengupas pepaya yang sudah mengkal tersebut, kemudian diiris-iris kecil dan tipis setelah dibersikan. Bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya, harus dicampurkan dengan air, kemudian dipanaskan sampai mendidih.

Olahan bumbu tersebut selanjutnya harus anda dinginkan. Setelah didinginkan, tambahkan cuka, dan aduk hingga merata. Langkah terakhir adalah memasukkan pepaya yang sudah diiris ke dalam olahan bumbu. Sebelum disantap dan supaya bumbu-bumbu meresap ke dalam pepaya, maka olahan tersebut harus didiamkan terlebih dahulu dalam wadah yang tertutup selama kurang lebih 3 jam.

Pasti anda sudah dapat membangkan bahwa rasa Gohu yang segar, asam, dan pedas yang bercampur menjadi satu. Gohu ini sudah menjadi representasi dari berbagai jenis masakan yang ada di manado. Apalagi, ternyata pepaya juga menjadi salah satu buah yang memiliki khasiat kesehatan yang begitu besar. Kandungan gizinya sangat lengkap, mulai dari folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat, fiber, vitamin B, sampai dengan kalsium, kalium, dan juga vitamin K.

Dengan mengkonsumsi gohu popaya ini, anda dapat sekaligus menyehatkan tubuh anda sendiri. Pepaya ternyata menjadi salah satu pencegah terjadinya kanker dalam tubuh. Selain itu, senyawa beta karoten yang terdapat dalam pepaya, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari dalam. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

Kombinasi Pedas dan Asam di Gohu Pepaya
Kombinasi Pedas dan Asam di Gohu Pepaya

Dalam mendukung kesehatan tulang, pepaya akan mencukupkan kebutuhan vitamin K untuk tulang anda, sehingga anda akan mendapati kesehatan tulang yang baik. Selanjutnya, ternyata pepaya juga bisa menyediakan serat agar anda bisa terhindar dari diabetes.

Dalam kebutuhan kesehatan tubuh yang lainnya, pepaya juga membantu anda untuk memperoleh kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan. Sekaligus jika anda terkena luka, maka kesenangan anda mengkonsumsi pepaya akan membantu anda menyembuhkan luka anda dengan cepat. Maka dari itu, anda pasti tidak akan rugi jika mengkonsumsi gohu popaya khas Manado ini. Disamping rasanya yang segar, anda akan semakin sehat dan kebal.