Bubur Mengguh Bali
Bubur Mengguh Bali | Sumber Gambar : Kintamani.id

Hallo pecinta Bubur! Kalau anda benar-benar pecinta bubur, pasti anda akan banyak ketagihan dan sudah merasakan berbagai macam kuliner bubur dari beberapa tempat di Indonesia. Misalnya, bubur ayam yang khas di Jawa, bubur Manado dan bubur Makassar yang khas, sampai dengan bubur lainnya yang khas di daerah. Salah satu yang wajib untuk anda coba adalah Bubur Mengguh, bubur khas dari Pulai Dewata Bali. Bubur Mengguh ini adalah bubur khas yang berasal dari Buleleng, Bali Utara. Biasanya, kuliner khas ini disajikan saat upacara adat. Bubur mengguh terbuat dari beras dan santan yang disajikan dengan ayam suwir yang dibumbui lalu disiram kuah ayam kental dan urap sayur yang disajikan terpisah. Citarasanya sangat komplit, perpaduan gurih dan agak pedas dikombinasikan dengan renyahnya sayur urap.

Bubur Mengguh Bali
Bubur Mengguh Bali | Sumber Gambar : Kintamani.id

Biasanya, orang akan menyantap bubur ini ketika pagi hari untuk sarapan. Tetapi, bubur mengguh akan semakin terasa nikmat jika disantap ketika cuaca sedang dingin. Anda akan banyak menemui menu ini di restoran-restoran Bali dimanapun. Tetapi bagi anda yang ingin berkuliner dan juga mengeksplorasi kemampuan memasak anda, ada bisa mengolah bubur mengguh ini di dapur anda. Sama seperti bubur lain, anda bisa mengolah bubur mengguh ini dengan sangat gampang. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat bubur, mulai dari beras, daun salam, santan kental, dada ayam, kacang panjang, kacang tanah yang sudah digoreng, sampai dengan tambahan bawang goreng yang selalu wajib untuk menyedapkan setiap sajian.

Selain bahan-bahan tersebut, bumbu yang harus dihaluskan adalah bawang putih dan bawang merah, cabai merah, kunyit yang dibakar, kemiri, merica, ketumbar, dan garam. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan kemudian dijadikan perasa dan penyedap bubur mengguh ini. Bubur khas Bali ini memiliki satu kekhasan yang berbeda dengan bubur-bubur yang lain, yaitu urap. Urap, seperti di Jawa adalah campuran sayuran mentah yang dikombinasikan dengan kelapa parut dan citarasa dari bumbu-bumbu khasnya. Urap untuk bubut mengguh terdiri dari kelapa parut yang sudah setengah tua, kacang panjang, bawang putih, cabai merah, terasi, kencur, gula merah, dan daun jeruk.

Bagian terpenting dari lezatnya bubur mengguh adalah cara membuatnya. Pertama kali, anda harus memanaskan minyak dan menumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan samapi harum. Setelah harum, masukkan daging ayam, daun salam, lengkuas, dan kaldu bubuk. Bumbu harus merasuk ke dalam ayam sembari menunggunya matang, biasanya dibantu dengan bantuan air agar bumbu bisa merasuk ke daging. Di sisi lain, beras harus sudah mulai direbus hingga lunak. Setelah lunak, anda harus menambahkan santan, garam, dan daun salam. Olahan beras harus diaduk dan dicampur terus hingga menjadi bubur yang mengental. Jika sudah, silahkan anda memasukkan kacang panjang yang sudah dipotong-potong dan masak hingga semuanya matang.

Terakhir, anda tinggal menyiapkan urap. Haluskan semua bumbu urap. Selanjutnya, tambahkan dengan kelapa parut, aduk rata. Kukus bumbu urapan sampai matang, angkat. Campur bumbu urapan dengan kacang panjang rebus. Jiak sudah, sajikan bubur dalam mangkuk, tambahkan kacang tanah goreng, dan urap kacang panjang. Bubur mengguh sudah siap disajikan selagi hangat dengan taburan bawang goreng dan suwiran ayam.

Nah, buat anda yang tadinya ragu dengan bubur khas bali ini tentang cara membuatnya, anda sekarang pasti sudah tidak lagi ragu. Cara membuatnya bahkan sangat mudah dan tidak memerlukan teknik khusus. Selamat mencoba!