Bakmi Baji Pamai
Bakmi Baji Pamai

Penasaran dengan arti kata “Baji Pamai”, saya langsung menghubungi teman saya yang di Makassar untuk menanyakan artinya. Dan ternyata benar, makanan ini adalah kata dari bahasa daerah Makassar. Dari keterangan teman saya ini, saya menemukan arti dari “Baji Pamai”, yaitu “Perasaan yang Baik”. Nah, awal dari rasa penasaran saya adalah ketika saya menemukan sebuah restoran Bakmi Ujung Pandang Baji Pamai di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Singkat cerita, saya memutuskan untuk menyantap kuliner di restoran itu.

Bakmi Baji Pamai
Bakmi Baji Pamai

Baji Pamai

sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan restoran mie yang ada di sekitar kita. Berbagai kuliner mie disuguhkan dengan sangat cantik dan enak. Memang, mie menjadi salah satu kuliner yang cukup diminati oleh masyarakat. Tapi, apa bedanya Mie disini dengan mie di tempat lain?

Kebetulan, ketika saya datang di Restoran ini, saya memesan Pangsit Mie Spesial. Seperti namanya, Pangsit Mie Spesial ini terdiri dari Mie dan Pangsit yang ditaburi dengan potongan daging cincang. Kuah yang hangat siap untuk membuat Mie dan Pangsit siap dinikmati. Beda Mie ini dari Mie yang lain adalah tekstur dari Mie tersebut. Mie disini memiliki tekstur yang kasar dan ukurannya lebih tebal daripada Mie biasanya. Jika kita gigit, Mie ini akan terasa lebih kenyal dan padat. Rasanya puas banget makan Mie ini. Karakter lain yang membuat Mie ini lebih diminati adalah rasa yang khas dari potongan daging ayam, dan potongan daging babi panggang. Daging babi panggang rasanya berbeda dengan Babi Guling.

Daging babi panggang ini dibumbui dengan bumbu khas Makassar yang nggak pernah bisa dilupakan. Kekhasan daging babi yang ditaburkan diatas Mie ini ditunjukkan juga dengan warna merah yang cukup menyala. Tapi jangan khawatir, kedua daging ini tidak selalu disajikan berdampingan. Jika anda ingin makan Mie tanpa menggunakan salah satu dari daging tersebut, anda bisa bilang ke pelayannya untuk menghilangkan daging yang tidak anda inginkan di menu pesanan anda.

Bakmi Baji Pamai
Bakmi Baji Pamai

Lebih Jelas dengan Baji Pamai

Sudah bisa membayangkan bagaimana nikmatnya menghabiskan semangkok Mie Khas Ujung Pandang “Baji Pamai” ini kan? Nah, beberapa restoran ini yang sudah tersebar di beberapa wilayah pada umumnya memberikan suguhan menu yang tidak berbeda satu dengan yang lainnya. Selain Pangsit Mie Spesial yang terdiri dari porsi biasa dan jumbo, Baji Pamai juga memberikan banyak pilihan menu yang siap memanjakan perut anda. Beberapa menu lainnya yang ditawarkan disini adalah Pangsit Mie Babi Panggang Besar, Pangsit Mie Babi Panggang Kecil, Pangsit Mie Polos Besar, Pangsit Mie Polos Kecil, Mie Goreng Hokkian, Mie Goreng Canton, Bihun Goreng, Nasi Goreng, Nasi Goreng Ikan Asin, Nasi Cap-Cay, Mie Siram Ayam, Bihun Kuah, Mie Kuah, Pangsit Kuah, Pangsit Goreng, dan Baso Sapi.

Jadi, jika anda sedang tidak ingin makan Mie, anda juga memesan Nasi Goreng yang sangat khas dan berbeda daripada Nasi Goreng lainnya. Hal yang membuat Nasi Goreng disini berbeda dengan yang lainnya adalah warnanya yang merah menyala seperti darah. Tapi, sejauh saya berada disini, saya mendapati banyak pengunjung yang memesan Nasi Goreng tersebut. Artinya, Nasi Goreng di Baji Pamai juga menjadi salah satu menu favorit yang paling banyak diserbu pelanggan.

Bakmi Baji Pamai
Bakmi Baji Pamai

Jadi, menikmati Kuliner khas Ujung Pandang ini tidak harus berangkat ke Makassar kan? Ya, karena makanan ini menjadi salah satu solusi dari keinginan kita menikmati Kuliner khas Makassar ini. Selain di Gading Serpong, setahu saya makanan ini juga ada di Kelapa Gading, Jakarta, dan mungkin juga tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Buat kamu yang sedang cari Info Kost di Jakarta area Kelapa Gading jangan lupa cari yang sesuai budget ya.

Kelebihan menikmati Kuliner ini juga bisa dilihat dari harganya. Walaupun harga yang ditawarkan di Baji Pamai berada diatas rata-rata harga Mie atau Nasi Goreng di pasaran, harga Kuliner makanan ini tergolong standart karena mengingat asal dari Kuliner ini yang dari Makassar, dan rasa dari setiap menunya yang tidak pernah mengecewakan.